Banyak website – khususnya portal informasi, berita, atau blog – menyajikan tulisan-tulisan yang luar biasa dalam frekuensi yang konstan. Tapi kebanyakan konten menarik tersebut hanya terparkir manis tanpa sanggup menarik pembaca apalagi mendatangkan traffic untuk website yang bersangkutan.

Untuk konten sejenis artikel, Google News merupakan salah satu sumber traffic yang sangat penting. Sayangnya memang hanya sedikit website yang cukup beruntung artikel yang dipostingnya bisa masuk Google News. Disini kita akan bahas bagaimana cara masuk Google News sehingga content website kita, artikel yang kita post, bisa masuk Google News, menarik pembaca, dan mendatangkan traffic.

Apakah Google News?

cara-mengakses-google-newsGoogle News merupakan search engine vertikal yang mengumpulkan artikel berita  dari setidaknya 50,000 sumber dari seluruh dunia untuk kemudian disajikan pada pengguna yang melakukan pencarian berita dengan cara mengetikkan kata kunci seperti halnya saat mereka melakukan pencarian biasa.

Kalau begitu apa beda antara pencarian biasa pada Google dengan Google News? Kalau anda menyimak bahasan diatas anda bisa jadi menemukan istilah yang mungkin agak jarang terdengar, search engine vertikal, apa itu search engine vertikal? Perbedaannya ya disitu itu, Google News merupakan search engine vertikal, artinya search engine ini menambahkan satu parameter tambahan untuk menampilkan hasil pencarian, yaitu kekinian. Karena konsepnya berita, yang lebih baru dianggap lebih menarik. Logika sederhana yang sama dengan alasan kita memilih untuk membaca koran hari ini, bukan yang terbit kemarin apalagi seminggu yang lalu.

Selain soal kekinian, beberapa parameter lain juga bisa turut masuk perhitungan, seperti lokasi misalnya. Google News dapat diakses melalui homepage Google kemudian memilih opsi berita alias news seperti yang nampak pada gambar di atas. Bisa juga dengan mengetik URL-nya langsung https://news.google.com/.

Berikut adalah tampilan SERP Google News.

tampilan-serp-google-news

Beberapa fitur yang mungkin cukup penting untuk dicatat diantaranya:

  • Kotak pencarian yang fungsinya sama dengan fungsi pencarian biasa, mengetikkan kata kunci alias keyword.
  • Filter dengan sejumlah kriteria, seperti lokasi, tingkat kekinian, dan sebagainya.
  • Kolom navigasi samping yang berfungsi sebagai shortcut filter.
  • Aplikasi cuaca.
  • Berita pilihan editor.
  • Berita utama, berdasarkan lokasi maupun global.
  • Berita yang direkomendasikan, berdasarkan catatan dari aktivitas anda sebelumnya.
  • Berita yang terkait dengan industri tertentu.

Apa Gunanya Artikel Masuk Google News?

Jawabannya sebetulnya sih sederhana saja. Kalau artikel masuk Google News, akan lebih banyak yang melihat dan membaca, artinya traffic terdongkrak. Dengan banyak orang membaca artikel yang kita posting, kalau mereka menyukainya, menilai artikel tersebut bermanfaat, tentu akan mendongkrak image, entah pribadi atau perusahaan yang terlibat dengan penulisan artikel tersebut, disini kita bicara brand recognition.

Semakin banyak artikel yang kita posting masuk Google News dan mendapat sambutan baik pembaca, lama-lama baik pribadi penulis, perusahaan, maupun websitenya akan dianggal sebagai “authority”. Kalau sudah sampai level ini, kita bisa menganggap dunia sudah dalam genggaman. Apapun yang kita katakan pembaca cenderung percaya. Kalau kita menyarankan untuk membeli sesuatu produkpun mungkin orang akan berbondong-bondong melakukannya. Website kitapun begitu, website yang sudah mendapat predikat “authority” akan lebih mudah mendapat ranking bagus, baik pada Google News maupun pada pencarian biasa.

Riset menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik pada Google News mencapai 60%, jauh di atas agregator berita lainnya. Tentunya dengan angka tersebut hal-hal yang kita harapkan seperti traffic dan brand recognition tadi akan lebih mudah dicapai. Kita tentu faham bahwa tingkat kepercayaan dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar dari sekedar traffic misalnya. Traffic tinggi tapi apa yang kita tulis pada artikel kita orang nggak mau baca kan apalah artinya.

Kalau sudah begitu kita bisa bawa kemana saja untuk menghasilkan uang. Bisa untuk berjualan, bisa untuk memasang iklan, atau apapun gagasan-gagasan meggali rejeki dari internet.

Cara Agar Masuk Google News

Apa yang diperlukan supaya mendapat ranking yang bagus di Google juga berlaku untuk Google News. Jadi kalau bicara cara, tentu langkah pertama adalah memahami konten yang SEO-friendly dan memastikan bahwa itu kita terapkan sepenuhnya.

Tipe Konten

Sedapat mungkin konten yang ditulis harus mengedepankan aspek kekinian, artunya up-to-date, membahas sesuatu yang aktual, bukan yang terjadi setahun yang lalu. Harus diingat: kalau orang mencari informasi yang sudah lama tetapi masih diperlukan (misalnya saja mencari informasi mengenai orang pertama yang mendarat di bulan) maka mereka menggunakan fasilitas pencarian biasa. Google News dipakai untuk mencari informasi yang aktual. Misalnya saja berita terbaru mengenai serangan teroris yang terjadi beberapa jam yang lalu.

Orisinal dan Enak Dibaca

Konten harus akurat dan anda tulis langsung berdasarkan apa yang baru saja anda saksikan sendiri. Kalau artikel anda lebih bersifat relay (kutipan) atau agregasi (comot sana sini), kemungkinan besar akan gagal masuk Google News. Meskipun aktual dan artinya mungkin ditulis terburu-buru, kualitas penulisan harus bagus, harus kualitas jurnalis. Padat berisi, daging semua, jangan kebanyakan embel-embel.

Soal Kepercayaan

Ini yang mungkin membuat Google News seperti sulit ditembus. Dia cenderung memberikan nilai lebih pada sosok-sosok yang dinilai punya kredibilitas tinggi, sepeti pejabat, pakar, dll. Dia cenderung memberikan nilai lebih pada sumber berita yang sudah secara luas dikenal terpercaya. Itulah sebabnya kebanyakan portal-portal berita terkemuka seperti Washington Post, CNN, dan lain-lain nampak seperti mendominasi Google News.

Kalau anda menulis artikel dan berharap bisa masuk Google News, jangan lupa menambahkan informasi yang bisa menunjukkan bahwa anda kredibel. Setidaknya tampilkanlah diri anda dengan informasi lengkap seperti alamat, nomor telepon, dll.

Panduan Teknis

Sama seperti pencarian biasa, Google News juga menggunakan proses komputasi berbasis algoritma untuk menemukan, menganalisa, meng-indeks, dan menampilkan SERP. Banyak faktor ranking SEO yang juga relevan dengan Google News. Beberapa hal teknis yang perlu mendapat perhatian diantaranya:

  • URL dan anchor link harus dapat menjelaskan dengan spesifik kontennya, harus unik, dan harus permanen alias tidak boleh berubah-ubah.
  • Satu-satunya format yang boleh dipakai adalah HTML.
  • Pastikan domain dapat diakses oleh siapapun dari belahan dunia manapun tanpa hambatan.

Kualitas

Google semakin lama semakin menuntut kualitas paripurna, jangan abaikan itu. Pastikan anda memahami standar kualitas ini. Anda bisa mempelajarinya dari dokumen Webmaster Quality Guideline yang disediakan Google sendiri. Jangan tutup mata. Lihat artikel-artikel pada topik yang relevan yang mendapat ranking bagus pada Google News, itulah yang diinginkan Google. Dukung artikel anda dengan referensi yang sahih, kedalaman pembahasan, kutipan pernyataan orang-orang penting, data statistik, dan sebagainya.

Harus diingat bahwa sesuai namanya, Google News, yang layak masuk memang hanya konten yang memiliki nilai berita. Jadi haruslah memberitakan sesuatu secara obyektif dan netral. Gaya marketing sudah pasti akan terlempar keluar. Saat kita mengutip pernyataan orang-orang penting, pernyataan tersebut juga harus sesuatu yang memiliki nilai berita, bukan pesan-pesan pemasaran.

Tips Agar Konten Masuk Google News

Berikut ada beberapa tip yang bisa anda terapkan supaya artikel yang anda tulis bisa masuk Google News. Tapi tolong dicatat dulu, seperti apapun yang terjadi di dunia SEO, nggak ada jaminan lho ya.

Dasarnya Harus Benar

Berita harus disajikan sebagai berita, dilabeli sebagai berita, diklasifikasikan sebagai berita. Jadi konten-konten berita yang anda harapkan untuk masuk Google News harus disimpan dalam folder yang menunjukkan hal tersebut, misalnya http://mywebsite.com/news/. Tentunya masing-masing posting juga harus memiliki URL yang menunjukkan bahwa konten tersebut bernilai berita. Contoh, kalau URL dan judulnya saja sudah “How to …” sudah pasti tidak memiliki nilai berita.

Sebagai sesuatu yang aktual, berita harus cepat dan mudah diakses. Jangan dibebani dengan terlalu banyak embel-embel yang bisa membuatnya justru menjadi terlalu berat. Konsisten memposting hal-hal yang berjenis berita dalam frekuensi yang konstan dan cukup tinggi. Misalnya saja sehari sekali.

News Sitemap

Supaya Google bisa dengan mudah menemukan konten bernilai berita yang anda posting, pastikan anda memiliki sitemap yang khusus dibuat untuk Google News. Caranya bisa anda temukan disini. Jangan lupa, sitemap tersebut harus disubmit ke Google.

Implementasi Google AMP (Accelerated Mobile Pages)

Hal yang baru dan masih sangat panas, pastikan artikel anda bisa diakses dengan cepat dan mudah melalui perangkat mobile khususnya smartphone. Konstruksi design yang “responsive” sehingga artikel bisa ditampilkan dengan baik pada smartphone memang penting, tapi sekarang kita juga harus menerapkan AMP supaya loadingnya lebih cepat, khususnya saat diakses melalui smartphone.

Daftarkan Website Anda

Daftarkan website anda untuk menjadi partner Google dalam fungsi sebagai sumber berita. Meskipun Google menggunakan metode crawling otomatis, tentunya kalau kita sudah diterima dan terdaftar sebagai partner, kredibilitas kita bisa sedikit terangkat.

Editor’s Pick

Kita dapat menunjukkan ada Google 5 berita yang kita harapkan mendapat prioritas lebih tinggi dibandingkan berita-berita lain yang ada di website kita.

Gunakan Meta

Jika konten yang anda tulis bernilai berita, ada satu meta yang harus anda pergunakan, yaitu meta news keywords.Berikut contoh dan cara penggunaannya:

<meta name="news_keywords" content="Ledakan Bom di Turki, Maret 2016">