Website yang enak dipandang memang akan selalu penting, tapi saat ini sekedar enak dipandang saja sudah tidak cukup lagi. Website bukan lagi sekedar brosur online, tetapi mesin bisnis yang menjadi mesin penyedot tamu untuk memesan, menginap, dan tentunya membayar. Website bukan lagi hanya sekedar instrumen digital marketing hotel, tetapi mesin uang utama, bahkan mungkin mesin uang satu-satunya.
Karena itu di tahun 2016 ini anda harus memastikan bahwa website hotel anda didukung oleh teknologi yang mumpuni supaya bisa menjalankan fungsinya dengan efektif.
Sebagai langkah pertama, segeralah lakukan inventarisasi mengenai fitur yang dimiliki website hotel anda dan tentunya tim yang mengelolanya. Anda harus benar-benar menguasai website hotel anda, jangan lagi menyerahkan kendali pada fihak ketiga.
Komponen Penting Website Hotel 2016
Pastikan bahwa anda bisa setiap saat meng-update konten website hotel anda, baik yang berbentuk teks maupun unsur-unsur multimedia seperti foto dan video. Anda harus dapat setiap saat, sewaktu-waktu, menambah, mengganti, dan menghentikan program-program promosi yang anda pajang di website. Lebih penting lagi, tim anda harus dapat menciptakan konten yang berkelas profesional untuk kebutuhan tersebut.
Sekarang banyak orang mengakses website tidak melalui komputer atau laptop tetapi melalui perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Untuk website hotel, kemampuan website untuk bisa diakses dengan baik oleh semua perangkat tersebut sangatlah penting. Harus anda ingat, setelah mereka meninggalkan rumah atau kantor, kemungkinan besar mereka hanya menggunakan perangkat mobile untuk mengatur perjalanannya. Bukan hanya website, back office juga sebaiknya dapat dioperasikan dengan mudah melalui perangkat mobile. Anda dapat memantau reservasi misalnya, bahkan saat anda tidak sedang berada di hotel.
Hotel anda mungkin diposisikan untuk melayani segmen pasar yang berbeda-beda. Akan sangat membantu jika website hotel anda memiliki kemampuan untuk dipersonalisasi secara khusus untuk segmen tertentu. Misalnya saja, mereka yang tertarik untuk melakukan pemesanan di hotel anda bisa sebuah keluarga yang sedang berlibur dengan anak-anak kecil, pasangan yang berbulan madu, atau perusahaan yang melakukan pertemuan penting di luar kantor. Ketertarikan mereka dengan hotel, fasilitas yang tersedia, bahkan daya tarik lingkungan tempat hotel berada tentu berbeda-beda.
Website anda harus mampu memaksimalkan tingkat hunian. Bagaimana website dan sistem back office anda mengelola pembatalan? Kalau sistem anda hanya membiarkan kamar yang pemesanannya dibatalkan tentu akan menimbulkan kerugian. Sistem anda harus dapat mendeteksi kejadian tersebut dengan segera dan memasarkannya kembali sehingga calon pemesan lain dapat menggunakannya. Kalaupun pemesanan yang dibatalkan tersebut sudah dibayar penuh dan pembayarannya tidak harus dikembalikan, kalau dapat dipesan dan dibayar (lagi) oleh tamu lain tentunya akan sangat menguntungkan.
Teknologi Digital Marketing Hotel 2016
Fasilitas-fasilitas seperti tersebut diatas sekarang sudah banyak tersedia. Harganyapun tidak lagi terlalu mahal sehingga dapat dijangkau dengan mudah bahkan oleh hotel-hotel kecil atau villa pribadi sekalipun. Saat anda memilih teknologi digital marketing yang akan anda pergunakan untuk tahun 2016 ini, pastikan sistem tersebut memiliki kemampuan-kemampuan berikut ini:
Website dengan Design Responsive
Design website responsive marujuk pada kemampuan sebuah website untuk dapat dilihat dengan nyaman melalui berbagai perangkat, baik layar besar seperti komputer dan tablet maupun layar kecil seperti smartphone. Terutama untuk produk-produk travel dan wisata seperti hotel, akses melalui smartphone semakin mendominasi. Sangat mudah difahami, terutama saat mereka sudah mulai meluncur keluar rumah, orang akan lebih cenderung mengakses internet hanya dari telepon genggam di sakunya.
Membuat website dengan design responsive memang lumayan rumit, tapi kalau website anda dibangun dengan basis CMS seperti Drupal atau WordPress, anda cukup mengganti theme dengan yang sudah memiliki spesifikasi responsive.
Konten yang Dipersonalisasi Secara Dinamis
Anda tentu senang saat jika saat melangkah memasuki sebuah restoran ternyata para pelayannya mengenali anda dan menyapa seolah-olah anda pelanggan lama yang sudah sangat mereka kenal. Lebih senang lagi kalau saat pelayan datang membawa menu, lalu anda hanya berkata “Yang biasa aja deh.” dan si pelayan sudah langsung tahu apa yang ingin anda pesan.
Sekarang teknologi memungkinkan anda melakukan hal yang sama pada pengunjung website. Mengenali pola belanja seorang pelanggan kemudian menampilkan produk-produk yang sesuai dengan seleranya saat dia berkunjung kembali ke website anda akan meningkatkan potensi konversi secara signifikan. Contoh yang bisa dengan mudah anda lihat adalah sistem yang bekerja sempurna pada website Amazon misalnya.
Mempertahankan Proses Booking yang Tidak Berlanjut
Mudahnya melakukan reservasi secara online tidak dapat dipungkiri juga membuat orang dengan mudah membatalkan proses reservasi, misalnya saja dengan tidak melakukan pembayaran sesuai instruksi. Sistem anda harus dapat mendeteksi situasi ini, misalnya dengan mengirimkan pengingat dengan menawarkan diskon atau hal-hal menarik lainnya.
Harus anda fahami, saat mereka mulai melakukan pemesanan hotel, artinya niatan mereka untuk berangkat sudah positif. Dalam hal ini biasanya mereka tidak melanjutkan proses reservasi karena mereka menemukan opsi lain yang lebih menarik.
Presentasi Kamar yang Menarik
Seringkali, website hotel memberikan informasi yang sangat terbatas mengenai kamar-kamar yang bisa dipesan. Padahal informasi lengkap mengenai hotel, fasilitas, dan lingkungannya bisa sia-sia karena kurangnya informasi mengenai kamar yang akan dipesan.
Jadi pastikan anda memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai masing-masing kamar, bukan hanya sekedar harga dan fasilitas, tapi juga foto, video, bahkan review khusus menganai jenis kamar tersebut.
Portal Khusus Tamu
Biasanya kita merasa urusan sudah selesai setelah tamu melakukan reservasi dan membayar. Tapi ada banyak hal lain yang bisa membantu anda menjamin upsell. Misalnya, saat mereka datang, mereka bisa menginap di hotel kita tetapi pergi untuk spa di tempat lain meskipun hotel kita memiliki fasilitas spa.
Jadi buatlah sistem khusus untuk tamu yang sudah memesan. Alih-alih tawaran kamar misalnya, tampilkanlah aneka fasilitas tambahan, bahkan fasilitas tour yang bisa anda siapkan untuk tamu tersebut.
Integrasi Social Media
Anda bisa saja melakukan update kesana kemari setiap saat. Tapi akan jauh lebih mudah dan lebih menjamin akurasi jika sistem anda dapat secara otomatis mengintergrasikan update ke semua kanal social media hotel anda. Misalnya saat ada promo baru dan anda mengupdate data di back office, promo tersebut tidak hanya muncul di website tetapi juga langsug terkirim ke page Facebook, akun Twitter, dan lain-lain.
SEO Friendly
Pastikan bahwa sistem anda secara otomatis sudah membuat semua page baru memenuhi kaidah-kaidah SEO friendly. Akan sangat membantu tentunya kalau anda memasukkan promo baru di back office yang memunculkan banner di homepage lalu saat banner itu di click pengunjung akan dibawa ke landing page tertentu, landing page tersebut SEO friendly sehingga mudah terindex dan teranking di search engine.
Selain secara sistematis, tentu pengetahuan anda dalam content development yang SEO friendly akan sangat menunjang. Sebagai contoh, memberi judul “Diskon 50% untuk Deluxe Room”. Apakah judul tersebut SEO friendly? Coba bandingkan dengan misalnya “Diskon Hotel di Bali, Dapatkan Potongan 50% untuk Deluxe Room”. Anda bisa melihat sisipan keyword “Diskon Hotel di Bali” yang lebih mungkin dipakai orang untuk melakukan pencarian.
Real Time Availability
Pastikan bahwa semua kanal anda terintegrasi, baik kanal di front-desk hotel, berbagai OTA, travel agen, website, kanal-social media, dll. Dengan demikian lewat kanal manapun calon tamu melakukan pemesanan, data availability memang benar-benar akurat. Soal availability ini bukan hanya apakah kamar tertentu available atau tidak, tetapi juga menyangkut aneka program promosi.