Daftar pakar SEO terbaik baru saja dirilis dalam sebuah artikel Cynthia Johnson untuk portal SEO terkemuka Search Engine Journal. Kalau anda berfikir bahwa itu mungkin hanya pendapat pribadi sang penulis, nanti dulu. Portal sekelas SEJ pastinya tidak begitu saja memuat artikel yang ditulis kontributor-kontributornya. Pastilah ada tim yang kredibel untuk melakukan evaluasi dan validasi terlebih dahulu. Apalagi menanggapi posting tersebut juga sudah ada banyak komentar positif. Jadi kalau anda ingin meningkatkan tingkat kepakaran di bidang SEO, entah untuk keperluan sendiri atau merupakan profesi sehari-hari, tentunya perlu disimak.

Pakar SEO Terbaik

Masing-masing pakar SEO yang disebut memiliki blog dan kanal sosial media. Kalau anda sependapat bahwa kepakaran mereka memang oke punya, langsung saja bookmark blognya atau follow kanal sosial medianya.

#1 Susan Dolan

Pakar SEO yang memfokuskan dirinya hanya dengan satu search engine, Google, ini berasal dari Inggris. Mengelola perusahaan jasa konsultan SEO bernama SEO Web Marketing, website perusahaanya juga banyak memuat artikel yang berhubungan dengan bidangnya, SEO khususnya untuk Google. Client-clientnya menyebar di seluruh penjuru dunia. Biasanya layanan yang diberikannya bukan sebatas menjadikan website client berada di puncak SERP tetapi juga membangun campaign social media yang efektif dan bersinergi dengan SEO. Jumlah clientnya yang cukup banyak dari berbagai bidang usaha, mungkin ada diantaranya yang sama dengan bidang usaha yang anda geluti sehingga gagasan-gagasannya bisa langsung diterapkan.

Susan Dolan juga merupakan salah satu anggota Cruise Lectures Association lang mengadakan kursus-kursus dalam berbagai bidang di tempat yang sangat nyaman dan biasanya merupakan tempat berlibur orang-orang berkantong tebal, kapal pesiar. Tertarik untuk ikut?

Kunjungi websitenya di http://www.seowebmarketing.co.uk/

#2 Rand Fishkin

Kalau anda serius dengan SEO pastinya sangat mengenal Moz. Selain memiliki salah satu portal SEO terkemuka dimana Rand Fishkin banyak menulis artikel dan memposting video presentasi yang berkaitan dengan SEO, Moz juga menyediakan tool SEO. Tool SEO yang ditawarkan Moz merupakan salah satu yang terbaik, dan tentunya harganya sangat mewakili kualitasnya. Mahal! Tapi untuk mereka yang serius di bidang SEO, manfaat dari tool ini jauh lebih besar dari biaya yang anda harus keluarkan untuk mendapatkannya. Selain tool berbayar, ada juga tool gratis yang juga sangat berguna

Rand Fishkin tidak menyediakan dirinya dibayar untuk jasa SEO meskipun kepakaranya diakui dunia. Selain membagi keahliannya melalui blog yang berada di dalam website perusahaanya, dia juga sering diundang untuk presentasi dan menjadi pembicara. Yang mengundang juga bukan perusahaan-perusahaan sembarangan, tapi raksasa digital seperti Facebook, Microsoft, bahkan Google sendiri.

Websitenya pasti semua sudah tahu dong ya https://moz.com

#3 Aimee Beck

Tidak bisa dipungkiri bahwa yang paling penting dalam SEO itu adalah content. Content inilah yang dicari para pengunjung website. Karena content ini penting bagi pengunjung website maka search engine juga sangat memperhatikan aspek ini dalam menentukan ranking sebuah website. Kalau kebanyakan pakar SEO termasuk mereka yang masuk di dalam daftar pakar SEO terbaik ini lebih berfokus pada aspek-aspek teknis, dari mulai kehandalan server sampai on-page dan off-page SEO, Aimee Beck memfokuskan keahliannya padah hal yang paling esensial ini, content.

Belasan tahun pengalaman sebagai editor dan penulis pada sejumlah portal terkemuka seperti SEM Post, Smart Computing, dan TechNews membuat dia tahu persis konten yang baik untuk kedua sisi, pengunjung website dan search engine. Perusahaan yang dikelolanya, Beck SEO Copywriting menyediakan jasa layanan pembuatan content profesional yang sudah terbukti cocok dipadukan dengan SEO organik beraliran white-hat.

Di dalam website perusahaanya juga terdapat blog dimana dia membagi pengetahuan dan pengalamannya. Kunjungi websitenya di http://www.beckseocopywriting.ca/

#4 Nadav Dakner

Dari namanya dan karena banyak ahli IT dan pakar SEO berasal dari negeri yang satu ini, tadinya sayapun mengira Nadav Dakner ini orang India. Ternyata sosok yang merupakan CEO dan salah satu pendiri perusahaan content marketing bernama InboundJunction berasal dari Israel. Perusahaanya sendiri berada di ibu kota negara tersebut, Tel Aviv.

Berbeda dengan kebanyakan pakar SEO yang hanya melihat keberhasilan dari pencapaian ranking SERP, selain kepakarannya dalam teknik-teknik SEO, Nadav juga mengedepankan pendekatan performance-driven SEO, dimana semua harus terukur, dari mulai formulasi strategi, eksekusi, sampai hasilnya. Seperti kebanyakan pakar SEO, Nadav dan perusahaannya menawarkan jasa di bidang content marketing. Tapi selain mengutip bayaran dari client-clientnya yang tersebar di banyak negara, Nadav juga banyak membagi pengetahuannya, tapi tidak melalui blog perusahaan maupun blog pribadinya. Dia lebih memilih berbagi melalui portal-portal digital marketing terkemuka seperti The Daily Egg dan Kissmetric.

#5 Matthew Barby

Jika kebanyakan pakar SEO lain mengeola perusahaan sendiri yang bergerak dibidang jasa tertentu yang berhubungan dengan SEO dan digital marketing, Matthew Barby memilih jalur profesional. Setelah bekerja di bidang yang sama di banyak perusahaan terkemuka, dia sekarang mengemban jabatan Head of Growth and SEO di HubSpot.

Keahlian Matthew Barby memang sangat spesifik. Di perusahaan-perusahaan yang mempekerjakannya, dia membantu membangun kampanye SEO dan inbound marketing barbasis konten.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari blog pribadinya https://www.matthewbarby.com/blog/

#6 Ann Smarty

Sehari-hari Ann Smarty membantu pengembangan merk-merk terkemuka di ranah digital melalui Internet Marketing Ninjas. Selain itu dia juga mendirikan beberapa startup digital seperti MyBlogU, TwChat, dan ViralContentBuzz. Diakui kepakarannya dalam bidang SEO dan content marketing, tulisan-tulisannya banyak dimuat media-media terkemuka seperti Mashable, the New York Times, Search Engine Land, Entrepreneur, dll. Banyak yang menyukai tulisan-tulisannya karena dianggap mudah difahami dan dipraktekan. Saat dia melakukan review, biasanya produk-produk tool untuk bisnis online, dia menulis dengan obyektif.

Temukan artikel-artikel yang ditulisnya di http://www.internetmarketingninjas.com/blog/author/ann-smarty/

#7 Matt Janaway

Sebagai konsultan SEO, Matt Janaway sangat disiplin dengan teknik white-hat. “Filosofi digital marketing yang saya kedepankan adalah membangun konten berkualitas tinggi disertai dukungan link yang natural. Tidak bermain tipu-tipu, tidak ada jalan pintas, tidak boleh bermain hacking dan spam”, ungkapnya seperti dikutip Search Engine Journal. Dia juga selalu mengedepankan pentingnya mengevaluasi data secara terus menerus.

Memiliki biro jasa SEO dan digital marketing yang berbasis di Inggris bernama Marketing Labs, selain memberikan saran-saran bagi client-clientnya sendiri dia juga menjadi kontributor Moz dan aktif di Google Webmasters Forum.

Kunjungi blog pribadinya di http://mattjanaway.co.uk/blog/

#8 Annie Cushing

Sebagai pakar digital marketing, Annie Cushing sangat meyakini pentingnya mengolah data dan bergerak berdasarkan data yang akurat. Tidak heran kalau kemudian dia mendirikan perusahaan konsultan SEO yang dinamainya Annielytics. Sesuai dengan filosofi itu Annie Cushing selalu mengajak client-clientnya untuk terus-menerus menganalisa data sehingga strategi SEO yang dilakukan lebih terarah.

Tertarik untuk memahami jalan fikirannya?
Kunjungi blognya http://www.annielytics.com/blog/

#9 Neil Patel

Sebagai konsultan SEO dan digital marketing, Neil Patel berada di kelas paling atas. Client-clientnya merupakan perusahaan-perusahaan global sekelas NBC, Amazon, HP, GM, dan Viacom. Selain itu dia juga mendirikan beberapa perusahaan yang memberikan layanan digital dengan konsep yang sangat inovatif seperti Crazy Egg, Kissmetrics, Hello Bar, dan Quick Sprout.

Kiprahnya diakui dunia. The Wall Street Journal memasukkannya ke dalam daftar orang-orang paling berpengaruh, top influencer. Forbes memasukannya ke dalam daftar 10 online marketer terbaik, top-ten online marketer. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga memasukkannya ke dalam daftar bergengsi Top 100 Entrepreneur Under 30.

Seperti tidak pernah kehabisan waktu, di tengah kesibukannya Neil masih sempat membagi pengetahuan dan pengalamannya terutama yang berhubungan dengan digital maketing dan SEO melalui blog-blog yang dikelolanya. Baca tulisan-tulisannya di blog-blog yang dikelolanya:
http://neilpatel.com/blog/
https://www.quicksprout.com/

#10 Mandy McEwen

Melalui perusahaan konsultan digital marketing yang didirikannya, Mod Girl Marketing, Mandy McEwen membantu client-clientnya untuk membangun infrastruktur digital marketing yang menguntungkan. Indikator yang ditawarkannya sangat jelas. Bukan bicara jumlah link, ranking SERP, atau traffic, tapi langsung pada elemen yang paling esensial dari kaca mata bisnis, ROI.

Artikel-artikel tulisannya dimuat pada blog pribadinya http://www.modgirlmarketing.com/blog/

#11 Bruce Clay

Bruce Clay merupakan pendiri dan pemilik perusahaan konsultan pemasaran internasional yang dinamai sesuai namanya sendiri, Bruce Clay, Inc. Pperusahaan itu membantu perusahaan-perusahaan yang menjadi clientnya dalam bidang SEO, PPC, social media marketing, dan design website yang SEO-friendly. Sudah berkiprah dari masa dimana banyak perusahaan bahkan belum terfikirkan soal digital marketing, Bruce Clay dikenal sebagai salah satu pionir digital marketing dunia, sehingga sampai sekarang sering diundang sebagai pembicara pada seminar-seminar internasional. Dia juga banyak ditampilkan oleh media-media terkemuka dunai seperti USA Today, PC Week, Wall Street Journal, Smart Money, Wired Magazine, dan banyak lagi yang lainnya.

Tertarik belajar sesuatu dari salah satu pakar SEO terbaik yang juga legenda digital marketing dunia? Kunjungi blognya http://www.bruceclay.com/blog/

#12 Bill Slawski

Menutup daftar pakar SEO terbaik ini ada seorang praktisi digital marketing yang satu ini sering dianggap menjadi trend setter, memunculkan sesuatu bahkan sebelum orang lain mulai memikirkannya. Melalui blognya, Bill Slawski banyak mengamati dokumen-dokumen yang berhubungan dengan search engine seperti misalnya pendaftaran paten. Kemudian bersama timnya dia menganalisa dokumen tersebut, menarik asumsi secara empiris, memprediksi bagaimana search engine mengimplementasikannya, bagaimana efeknya, kemudian bagaimana para praktisi harus menghadapinya.

Dia bertindak seperti mata-mata. Terus mengamati pergerakan search engine dan memprediksi apa yang akan muncul kemudian. Praktisi digital marketing khususnya SEO sangat berkepentingan dengan informasi ini karena dengan begitu mereka bisa mempersiapkan diri menghadapi apa yang akan dilakukan search engine ke depan.

Anda tertarik untuk mempelajari apa yang akan dilakukan search engine ke depan supaya bisa mempersiapkan strategi untuk menghadapinya? Pantau tulisan-tulisan pada blognya http://www.seobythesea.com/