Kalau dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal kata pepatah “waktu adalah uang”, tentu dalam dunia bisnis pepatah itu lebih relevan lagi. Saat anda memulai bisnis baru, ada banyak hal yang bisa anda atur supaya bisnis bisa berjalan lebih cepat, termasuk membayar lebih website developer untuk menyelesaikan website dengan cepat. Tapi bagaimana dengan SEO yang justru merupakan kanal paling penting dalam mengalirkan pengunjung website secara gratis?
Dulu banyak penyedia jasa SEO yang bersedia melakukannya, tentunya dengan cara-cara yang menjurus ke arah “black hat SEO” yang pada saat itu masih dianggap praktek SEO yang aman. Setelah sekarang website-website yang di-SEO dengan pendekatan tersebut berjatuhan dari SERP dan website-website baru yang di-SEO dengan cara yang sama bukan hanya gagal mendapat ranking bagus tapi malah di-ban, masih bisakah kita mendapatkan ranking Google dengan cepat?
Saat ini anda masih bisa mendapat ranking Google dengan cepatm dalam hitungan minggu.
Tentu bukan dalam hitungan jam atau mungkin hari. Tapi kalau anda sering mendengar target yang dipasang para penyedia jasa SEO yang berada di rentang 6 bulan bahkan setahun, anda bisa mendapatkannya jauh lebih cepat dari itu. Tergantung seberapa konsisten anda melakukannya, mungkin dalam beberapa minggu saja. Berikut adalah cara cepat mendapat ranking Google menurut Neil Patel, seorang pakar SEO kelas dunia.
Memilih Keyword dengan Tepat
Kalau anda berubah-ubah fikiran mengenai keyword yang anda sasar pada tahap awal, justru bisa menjadi bumerang. Anda juga tidak dapat menyasar terlalu banyak keyword pada tahap ini. Karena itu memilih keyword yang tepat merupakan langkah awal yang harus dilakukan dengan benar.
Sebaiknya pilih keyword long tail yang biasanya terdiri dari 4 kata atau malah lebih. Selain memiliki kesempatan mendapat ranking bagus dengan cepat, manfaat keyword long tail adalah soal fokus, pendapatkan pengunjung website yang lebih berkualitas karena kebutuhan mereka lebih pas sesuai dengan apa yang anda tawarkan.
Pilih beberapa keyword long tail.
Untuk website berusia beberapa minggu, mendapat ranking untuk keyword primer boleh dikatakan tidak mungkin didapat. Neil Patel mengambil contoh jika anda menyasar keyword “mobile phone”, maka berdasarkan analisa yang dilakukannya dengan menggunakan tool analisa SEO dari MOZ, pemuncak SERP Google adalah Wikipedia dengan skor domain authority 100 dan Samsung dengan skor domain authority 95.
Bagaimana website anda yang masih bayi bisa melawan raksasa-raksasa tersebut? Jangan khawatir, anda tidak perlu melakukannya dan tetap bisa mendapatkan potensi bisnis online yang tidak kalah besar. Berdasarkan riset yang dilakukan Search Engine Watch, keyword long tail yang lebih memungkinkan untuk dikuasai justru lebih banyak mendatangkan impresi, klik, dan konversi.
Pastikan Website Anda SEO Friendly
Kecuali anda memiliki pertimbangan teknis yang mengharuskan anda memilih jalan lain, kalau anda ingin website anda SEO friendly dengan mudah dan cepat, gunakanlah mesin CMS dari WordPress. WordPress menguasai pasar CMS karena mudah digunakan, kaya fitur, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan, dan sangat SEO friendly.
Tapi ketangguhan WordPress bisa berkurang atau bertambah tergantung theme yang anda pilih, karena itu pemilihan theme yang tepat sangat penting. Theme bukan hanya soal tampilan karena juga sangat berperan dalam hal kerja internal website nantinya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih theme diantaranya (1) ringan dan cepat, karena search engine lebih menyukai website yang loading-nya cepat (2) mobile friendly, karena mempengaruhi ranking untuk pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile seperti smart phone.
(1) pakai WordPress (2) pilih theme yang ringan, cepat, dan mobile-friendly (3) tambahlan plugin SEO dari Yoast.
Langkah terakhir adalah memilih plugin SEO yang mumpuni. Plugin adalah software tambahan untuk memperkaya mesin WordPress dengan menambahkan fungsi tertentu. Untuk kebutuhan SEO, plugin yang banyak dipakai dan direkomendasikan adalah Yoast.
Jangan Dibuka Sampai Benar-Benar Siap
Kalau anda sudah kenal dengan WordPress tentu anda hafal dengan posting pertama yang sudah langsung terisi saat anda meng-install WordPress, sebuah posting dengan judul Hello World! Tentu anda tidak ingin posting itu terindeks bukan? Kalau anda banyak theme yang cukup rumit menyediakan konten contoh, sehingga begitu di-install anda sudah bisa melihat bagaimana tampilan website nantinya. Lagi-lagi, tentu anda tidak ingin halaman-halaman contoh itu terindeks bukan?
Yang paling ideal adalah website anda baru dibuka setelah selesai dan telah diisi cukup konten.
Ada beberapa cara untuk mencegah crawler search engine untuk datang dan mengindeks website atau halaman web. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan robots.txt atau menggunakan tag noindex dan nofollow. Anda juga bisa membuat supaya website anda baru bisa diakses setelah memasukkan password melalui cPanel dari hosting provider anda. Yang paling sederhana, kalau anda menggunakan WordPress seperti yang disarankan, anda tinggal mengubah setting privacy-nya saja.
Isi Dengan Banyak Konten Berkualitas
This is where the true SEO power is — creating content. Content is what makes the search world go around.
Cara paling efektif untuk mendorong website anda mendapat ranking yang baik di search engine terutama Google dengan cepat adalah menjejalinya dengan konten sejak awal. Sebelum website anda dibuka untuk crawler search engine, pastikan website anda sudah memiliki konten yang cukup.
Halaman web, dalam istilah WordPress bisa dalam bentuk “Page” maupun “Post”, harus panjang. Konten panjang menurut banyak pakar dan praktisi adalah sekurang-kurangnya 2.000 kata. Pentingnya konten panjang ini didukung data dari sejumlah riset dan studi. Hasil studi SerpIQ menunjukkan korelasi antara panjang konten dan ranking. MOZ menyatakan makin panjang konten, makin bagus indeksasinya, makin tinggi rankingnya, dan makin banyak mendapat backlink. Data QuickSprout menunjukkan bahwa dengan kualitas yang sama, konten yang lebih panjang mendapat ranking lebih tinggi.
Berikut hal yang harus anda lakukan dengan konten sebelum membuka website anda untuk dikunjungi crawler search engine dan diindeks:
- Buat sekurang-kurangnya 25 halaman panjang.
- Masing-masing halaman tersebut sekurang-kurangnya 2.000 kata. Kalau anda terpaksa memiliki halaman dengan konten sedikit, misalnya halaman “Contact Us”, jangan dihitung.
- Masing-masing halaman harus berkualitas tinggi, terfokus dengan keyword, dan relevan untuk sasaran pengunjung anda nantinya.
- Gunakan keyword yang dikombinasikan dengan variasi semantiknya sebagai judul halaman yang dipakai pada tag <title>.
Tambah Konten Secara Terus-Menerus
Setelah anda menilai konten anda cukup dan membukanya untuk search engine, dengan konten sebesar itu biasanya website akan segera ter-indeks. Anda harus terus-menerus menambahkan konten dengan frekuensi yang cukup tinggi dan kualitas yang kurang lebih sama (panjang, fokus, dll.) Search engine memberi nilai lebih tinggi pada website yang kontennya sering ditambah. Riset yang dilakukan MOZ membuktikan bahwa semakin sering website di-update, semakin bagus rankingnya.
Google memberi penilaian lebih baik pada website baru yang lebih sering di-update daripada website dengan domain authority tinggi tapi jarang di-update.
Promosikan Konten Anda
Traffic merupakan faktor esensial lain yang juga sangat penting dalam SEO. Dalam hal ini memang kita seperti berhadapan dengan pertanyaan “Telur dulu apa ayam dulu?”. Dengan ranking bagus di search engine kita berharap mendapat traffic, tapi untuk mendapat ranking bagus diperlukan traffic.
Pada dasarnya anda harus memberi konfirmasi pada Google dengan menunjukkan bahwa orang memang benar-benar menyukai konten anda, satu-satunya cara untuk menunjukkannya adalah dengan banyaknya orang yang “membaca”.
Untuk memancing orang untuk membaca konten anda bahkan sebelum ter-index dan mendapat ranking, promosikan konten anda melalui kanal-kanal yan anda miliki dan bisa mobilisasi, milsalnya ads di Facebook, newsletter yang dikirim melalui email, minta orang-orang yang cukup berpengaruh di bidang yang sama untuk men-share, posting di Facebook dan kanal-kanal social media lainnya, posting di forum-forum yang relevan, sindikasi konten, anda bahkan bisa menggunakan PPC untuk mempromosikan konten anda.
Jangan lakukan hal-hal yang melanggar ketentuan Google seperti membeli link.