Update algoritma Google yang semakin ketat akhir-akhir ini membuat praktisi dan ahli SEO seperti makan buah simalakama. Sejauh ini meskipun Google semakin menekankan pentingnya kualitas konten untuk SEO, tetapi sokongan link untuk mendongkrak ranking juga tetap sangat diperlukan. Karena itulah link building untuk SEO sekarang ini dirasa semakin sulit. Salah-salah bukan hanya tidak mendapatkan hasil yang diharapkan tetapi malah website kita tergusur karena terkena penalty.
Dari sekian banyak sumber link untuk SEO, salah satunya adalah melalui directory. Secara sederhana directory dapat dijelaskan sebagai website-website yang berisi daftar perusahaan yang menampilkan website dan link langsung ke website tersebut. Meskipun kualitas link dari directory ini memang tidak terlalu bagus, tetapi karena jumlahnya banyak dan untuk mendapatkannya relatif mudah, cepat, dan pada umumnya gratis, ujung-ujungnya submit ke directory menjadi salah satu pilihan strategi link building untuk SEO.
Namun seiring dengan pengetatan algoritma Google dalam meningkatkan kualitas hasil pencarian dengan memberangus strategi-strategi SEO yang dianggap cenderung “spammy”, directory juga terkena imbasnya. Banyak directory masuk ke dalam blacklist Google sehingga mendapat link dari situ bukannya membantu mendongkrak ranking malah bisa membuat website kita terkena penalty.
Submit ke Directory Tetap Harus Dilakukan
Tetapi tidak berarti submit ke directory merupakan teknik yang tidak bisa dilakukan lagi. Bagaimanapun dari sisi SEO website memerlukan link dan directory merupakan salah satu sumber link yang bisa kita dapat dengan relatif mudah. Selain mudah, website kita juga memerlukan link dari directory supaya komposisi bauran link website kita seimbang. Link ke website kita datang dari berbagai jenis sumber, tidak hanya satu jenis saja.
Yang terpenting adalah bahwa seperti implementasi dari teknik link building untuk SEO lainnya, submit ke directory juga harus lebih hati-hati. Kita harus benar-benar memilih untuk men-submit website kita ke directory yang berkualitas dan tentunya tidak masuk ke dalam blacklist Google. Salah satu indikator directory yang berkualitas adalah manfaatnya untuk pengguna. Directory dengan niche spesifik biasanya dianggap sebagai directory yang relatif aman karena bermanfaat untuk user yang memiliki minat khusus yang relevan.
Jangan mencari yang gampangan karena gampangan itu justru merupakan salah satu indikator rendahnya kualitas. Kalau sebuah directory menerima apapun yang disubmit, jangan ikut-ikutan men-submit karena kualitasnya pasti buruk dan berpengaruh negatif pada website kita. Yang susah ditembus, punya editor yang mengawasi bahkan merevisi apa yang kita submit, justru harus dilihat sebagai pertanda positif. Bersabar saja, ikuti prosesnya, turuti apa yang mereka minta. Karena begitu di-approve dan link-nya muncul di directory mereka, kita akan mendapat manfaat positif.
Directory untuk SEO Lokal
Salah satu parameter niche bisa jadi adalah tempat. Masuk ke dalam directory yang spesifik terhadap lokasi tidak hanya memberikan website kita link yang berkualitas tetapi juga mungkin mendatangkan pembeli yang langsung datang ke lokasi usaha. Misalnya saja kalau kita meng-SEO website untuk restoran yang kita kelola di Kuta, masuk ke dalam directory yang khusus memuat lokasi-lokasi kuliner Bali bukan hanya akan memberikan sokongan dari sisi SEO, orang mungkin akan menemukan informasi mengenai restoran kita dari directory tersebut dan langsung datang.
Berikut adalah daftar directory yang dianggap berkualitas oleh Search Engine Journal.
- Yelp
- Clasione
- All Business Now
- Yellow Pages.com
- Better Business Bureau
- Vlib
- 411.COM
- Seek On
- Pick N Buy
- Best of The Web
- Joe Ant
- DMOZ
- Map Quest
- City Data.com
- Health Fitness Nutrition
- MedlinePlus
- Starting Point
- Hotfrog.com
- Search Pure
Submit Otomatis? Ke Laut Aje!
Kalau dulu penggunaan software untuk men-submit ke ratusan bahkan ribuan directory dengan judul dan deskripsi yang sama persis secara otomatis sangat populer, sekarang jangan pernah menggunakannya lagi. Sekarang Google menginginkan konten yang unik. Kalau anda men-submit website anda ke 10 directory, bukan hanya anda harus men-submitnya satu per satu secara manual, tapi anda juga harus menulis judul dan deskripsi yang cukup, berkualitas, dan yang paling penting harus unik.
Memang tidak mudah. Kalau anda menulis 10 artikel yang berbeda tentang hal yang sama saja sudah cukup membuat anda kesulitan mendapatkan sesuatu yang unik, lebih pendek apalagi. Biasanya kalau kita posting ke directory memang kita tidak terlalu panjang menuliskan deskirpsi. Hanya satu atau beberapa kalimat saja. Membuatnya menjadi unik justru jauh lebih sulit. Tapi itulah yang harus kita lakukan, daripada kena penalty Google.