Internet membuka banyak potensi bisnis. Saat kita bicara globalisasi, membangun bisnis global tidak lagi menjadi domain korporasi raksasa yang bercokol di puncak Fortune 500 karena anda juga bisa dengan relatif mudah memasarkan produk anda ke seluruh dunia dengan memanfaatkan website, portal social media, dan kanal-kanal lain yang dapat diakses dari seluruh pelosok dunia selama masih tersentuh jaringan internet.
Bermain SEO internasional bisa berarti dua hal, global yang secara langsung menjangkau seluruh dunia, atau menyasar langsung kawasan-kawasan atau negara-negara tertentu yang memiliki budaya, bahasa, dan struktur teknologi yang mungkin berbeda-beda. Tapi sebetulnya going global menyeluruh dengan website berbahasa Inggris sih sudah biasa. Perusahaan-perusahaan berskala global saat ini justru menembak spesifik masing-masing negara.
Mengembangkan bisnis di dunia maya tentu tidak bisa dipisahkan dari website yang dibanjiri pengunjung yang datang melalui search engine, melalui teknik yang kita kenal dengan istilah SEO, Search Engine Optimization. Jika anda sudah cukup menguasai SEO untuk website anda di pasar tanah air dan mulai melirik kesempatan untuk go global, artinya sudah waktunya anda untuk mempertimbangkan untuk mencari jasa SEO internasional. Tentunya kalau anda tidak berniat melakukannya sendiri.
Dalam banyak kasus yang saya amati, biasanya mereka yang sudah menguasai pasar domestik dengan melakukan semua operasi digital marketing sendiri termasuk SEO, mulai melirik pemanfaatan jasa SEO saat mereka mulai go internasional. Alasannya sangat mudah ditebak. Menguasai pasar domestik sudah membuat dompet mereka membengkak, cukup untuk membeli sedikit kemewahan dengan menggunakan tenaga orang lain untuk melakukan “pekerjaan kotor”. Sisi lainnya pastinya operasi bisnisnya sudah terlalu besar sehingga mereka tidak lagi bisa membagi begitu banyak perhatian ke sektor ini.
Berikut adalah beberapa aspek penting untuk SEO internasional menurut Ian Spencer, kolumnis pada majalah Digital Marketing Magazine, yang dituangkannya dalam artikel berjudul International SEO and the Things You Really Have to Get Right.
Jalur apapun yang anda pilih, pastikan bahwa hal-hal berikut ini mendapat perhatian yang cukup. Jika anda melakukannya sendiri, pastikan anda memberikan perhatian penuh pada aspek-aspek ini. Sementara jika anda memilih untuk menggunakan jasa SEO internasional yang disediakan fihak ketiga, pastikan bahwa mereka memahami dan memberikan perhatian cukup pada aspek-aspek ini.
Hosting
Jika anda menyasar negara tertentu, usahakan untuk menggunakan hosting yang servernya berada di negara tersebut. Meskipun bukan faktor utama, bersama dengan aspek-aspek lainnya, hal ini bisa menyempurnakan kesiapan infrastruktur anda.
Struktur Website
Saat anda merambah negara tertentu, yang pertama harus anda putuskan adalah apakah anda akan menggunakan sub dari satu domain, atau menjadikannya domain tersendiri. Opsi pertama akan berujung di penggunaan sub domain atau sub directory. Misalnya saat anda menyasar pasar China, mungkin anda akan memiliki http://china.merkanda.com atau http://www.merkanda.com/china/ sementara opsi kedua mungkin akan membuat anda memiliki domain baru semisal http://merkandachina.com.
Perlu juga dipertimbangkan penggunaan domain dengan TLD (akhiran) lokal di negara sasaran, misalnya saja http://merkanda.cn. Kombinasi antara domain lokal dan hosting lokal bisa menjadi kombinasi yang efektif. Website-website papan atas sekarang melayani pasar masing-masing negara secara spesifik, termasuk dengan penggunaan domain lokal. Lihat saja Google yang memiliki google.co.id dan domain-domain country-specific lainnya.
Konten Website
Orang sering kali menganggap remeh hal yang satu ini. Saat anda menyasar pasar spesifik di negara tertentu, pastikan bahwa konten websitenya dibangun dengan profesional. Tidak ada salahnya menterjemahkan konten dari website utama anda. Google sendiri pun sudah mengkonfirmasi bahwa menterjemahkan konten dari website utama anda ke dalam website yang spesifik menggunakan bahasa lain tidak akan berbuah penalty. Tetapi kalaupun anda memilih jalur ini, terjemahkanlah dengan cara yang profesional juga.
Banyak perusahaan menganggap enteng dan mencari jalan singkat dan murah dengan menggunakan Google Translate atau fasilitas-fasilitas penterjemah otomatis lainnya. Dua hal yang menjadi pemicu kegagalan disini. Karena hasil terjemahan otomatis biasanya tidak cukup baik sebagai kalimat sempurna, perusahaan anda dianggap kacangan. Kedua search engine khususnya Google memiliki kemampuan menganalisa bahasa dan sistemnya semakin hari semakin sempurna. Dia tahu konten yang berkualitas dari sisi bahasa.
Link Lokal
Bicara SEO pastinya memang tidak dapat dipisahkan dari link. Asal mudah dan cepat, mungkin anda berfikir untuk membuat link ke website baru dari website-website yang ada link ke website utama anda. Ini berbahaya. Pertama Google akan dengan mudah melihat pola link yang sama persis. Kedua kalau kita melakukan SEO untuk website yang spesifik dengan bahasa tertentu, link dari website-website sejenis akan jauh lebih bernilai. Sejenis maksudnya memiliki lokasi yang sama, TLD domain negara yang sama, bahasa yang sama. Tentu kualitas website sumber link harus tetap diperhatikan.
Banyak penyedia jasa SEO sudah memiliki set berisi puluhan, ratusan, bahkan ribuan sumber link yang mereka mobilisasi begitu mereka mendapatkan proyek baru. Nah apakah jasa SEO profesional yang anda akan sewa memiliki set khusus untuk negara dan bahasa yang anda tuju?
Search Engine Lokal
Hal yang terakhir perlu diperhatikan, Google mungkin memang penguasa dunia dan juga menjadi penguasa lokal di banyak negara. Tapi ada beberapa negara tertentu dimana penguasaan search engine lokal justru sangat dominan, misalnya saja China dan Rusia. Kalau anda kebetulan menyasar negara-negara dimana search engine lokal justru lebih berkuasa, pastikan jasa SEO internasional yang anda sewa memahami strategi SEO untuk search-engine tersebut.