Saat kita bicara social media marketing biasanya kita bicara portal-portal besar dengan jumlah “penghuni” aktif ratusan juta bahkan milyaran. Selain Facebook yang merajai disusul Twitter, LinkedIn, dan Google+, ada juga beberapa pendatang baru seperti Instagram dan Pinterest yang mulai mencuri perhatian. Tapi Reddit sepertinya lebih sering berada di luar radar. Kebanyakan pemakai social media sepertinya jarang yang melirik. Bahkan para pemain digital marketingpun lebih sering menggunakannya hanya untuk tujuan link building saja.

Jarang yang tahu kalau Reddit juga merupakan salah satu portal social media yang cukup besar dan karenanya sangat disayangkan kalau para pemain social media marketing justru melewatkannya.

Selama bulan November Reddit mencata 540 juta view dan lebih dari 1 milyar page vews!

Kalau dengan traffic keseluruhan saja kita masih belum melihatnya sebagai potensi besar, ada banyak perusahaan yang sudah membuktikan bahwa potensi Reddit benar-benar memberikan hasil yang dahsyat. Banya perusahaan mendapatkan ribuan page views hanya dalam beberapa jam sejak mereka memposting konten.

Sayangnya memang untuk meraih sukses melalui Reddit memang membutuhkan kesabaran. Sukses Reddit tidak dapat diraih secara instan misalnya saja dengan memasang iklan seperti pada Facebook. Perlu waktu dan ketekunan sampai akhirnya kita bisa melihat hasil dari social media marketing dengan Reddit.

Apakah Reddit Itu

Untuk mereka yang benar-benar belum pernah mengenalnya, tentu pertanyaan pertama yang muncul di kepala adalah “Apakah Reddit itu?” Reddit adalah website yang terdiri dari ratusan kelompok yang dikenal sebagai subreddit. Masing-masing subreddit memiliki aturan main sendiri. Berdasarkan aturan main tersebut kita bisa bisa memulai thread baru berupa posting teks. Pada sebagian subreddit, posting teks tersebut juga dapat disisipi link. Yang namanya thread memang terkesan jadul, lebih terasa seperti forum. Tapi memang begitulah adanya, jadi kalau mau main ya diikuti saja.

Username pada Reddit bisa apa saja, tidak harus nama orang saja.

Kualitas keberadaan anda di dalam lingkungan Reddit direfleksikan dalam sebuah nilai yang disebut “karma”. Merujuk pada konsep karma yang mungkin pernah anda dengar baik dalam mitologi maupun tatanan agama yang berasal dari India, karma dalam Reddit merupakan kumpulan dari kebaikan dan keburukan yang pernah dibuat seorang user. Nilai baik (upvotes) dan nilai buruk (downvotes) yang diberikan user lain terhadap posting dan komentar kita terakumulasi dalam karma ini.

Karma menentukan apakah seorang user berperilaku baik, banyak memberi manfaat untuk user lainnya, dan karena itu layak dijadikan sumber referensi. Jadi di dunia Reddit, karma dipergunakan user untuk menilai user lainnya. Dari sisi teknis tidak ada keuntungan lain yang diberikan Reddit untuk mereka yang memiliki karma tinggi. Demikian juga, tidak ada hukuman untuk mereka yang memiliki karma rendah.

Pantangan Pada Reddit

Berikut adalah beberapa hal yang sering dilakukan para pemain social media marketing yang sebaiknya tidak dilakukan pada Reddit. Kalau diperhatikan satu-per-satu, mungkin sebetulnya hal-hal tersebut harus dihindari dalam praktek social media marketing pada portal social media manapun.

Jangan hanya sekedar memposting link ke blog atau halaman blog saja. Posting anda harus bermakna secara sendirinya. Kalau anda ingin menempatkan link, pastikan link tersebut merupakan referensi dari isi posting itu sendiri. Posting link terus-menerus ke sumber yang sama harus dihindari. Reddit hanya mengizinkan maksimum 10% posting link merujuk ke sumber yang sama.

Saat anda promosi, di Facebook misalnya, anda mungkin mengirim posting yang sama persis ke berbagai Group. Pada Reddit, pastikan anda hanya memposting pada subreddit yang relevan saja, jangan memposting hal yang sama di banyak subreddit.

Jangan pernah secara eksplisit meminta upvotes. Secara wajar, orang akan meng-upvotes karena mereka menyukai apa yang anda tulis, bukan karena anda meminta mereka melakukannya. Reddit memiliki sistem dan prosedur untuk menemukan praktek-praktek berkategori tidak wajar seperti ini.

Tips Marketing dengan Reddit

Jangan Salah Memilih Subreddit

Sama dengan banyak hal lain, kuantitas tidak ada artinya tanpa kualitas. Sehebat apapun anda, perusahaan anda, merk anda, atau produk yang anda buat, tidak ada artinya bagi mereka yang memang tidak berminat. Sebagai analogi saja, mobil hot rod seperti yang dikendarai tokoh Dominic Torretto dalam film beken Fast & Furious sama sekali tidak menarik untuk sekelompok wanita penghobi masak.

Dalam Reddit, bergabunglah dalam diskusi pada subreddit yang paling sesuai dengan anda.

Kalau anda mengelola bisnis di bidang pariwisata dan tertarik untuk memanfaatkan social media marketing dengan Reddit, mulailah dengan melakukan search menggunakan keyword “travel”. Anda akan mendapatkan banyak subreddits sebagai hasil pencarian. Meskipun semua bertemakan travel, pastinya tidak semua subreddit sesuai dengan anda, jadi pastikan untuk memilih dengan seksama. Hampir sama dengan teknik digital marketing lain seperti SEO dan PPC, jangan berhenti dengan satu keyword. Coba keyword-keyword lain yang relevan, coba kombinasikan keyword, coba keyword yang bersifat long tail.

Cobalah subreddit yang mengkhususkan diri dengan foto dan video. Meskipun mungkin banyak anggotanya yang tidak tertarik secara langsung dengan topik yang anda usung, tetapi kemampuan viralnya bisa membantu memperkuat posisi anda pada subreddit yang lebih relevan. Seperti yang mungkin sudah anda sadari, orang cenderung lebih tertarik dengan hal-hal visual, video, foto, bahkan informasi dan kata-kata bijak saja sekarang dibuat menjadi visual, seperti infografik dan meme.

Jadilah Pendengar yang Baik

Dalam komunikasi komersial modern kita mengetahui bahwa komunikasi yang ideal dengan pelanggan dan calon pelanggan berlangsung dua arah. Konsumen tentu perlu “diberi tahu”. Tetapi seperti umumnya manusia, mereka ingin didengarkan. Ketika anda mengatakan sesuatu, akan jauh lebih baik jika apa yang anda katakan adalah jawaban atau tanggapan dari apa yang mereka katakan, bukan monolog anda sendiri.

Sebetulnya hal yang sama juga diperlukan pada portal-portal social media lain. Tapi di Reddit malah lebih penting lagi. Komunitas di Reddit jauh lebih kritis. Di Reddit bahkan ada subreddit yang khusus untuk mengkritisi perusahaan atau merk tertentu.

Manfaatkan multireddit, sebuah mekanisme yang memungkinkan anda untuk menggabungkan sejumlah subreddit yang anda ikuti dalam satu “feed”. Dengan demikian untuk memantau semua subreddit anda tidak harus keluar-masuk masing-masing subreddit.

Buatlah Agar Profil Anda Mengesankan

Apakah anda menampilkan diri sendiri atau tampil sebagai perusahaan, merk, atau produk, sangat penting untuk menjadikannya sosok yang dijadikan referensi. Dalam Reddit hal ini direpresentasikan dengan karma. Teruslah beraktivitas positif untuk mengumpulkan karma.

Pergunakan username yang benar-benar menggambarkan apa yang anda wakili. Logika berfikirnya kurang lebih sama dengan memilih domain. Tentu anda ingat saat Google tidak lagi menganggap penting domain-domain yang masuk kategori EMD, domain-domain yang persis sama dengan keyword yang ditargetkan.

Berpromosilah dengan Bijak

Memiliki karma tinggi berarti anda merupakan sosok yang dipercayai di dalam komunitas Reddit. Dalam istilah digital marketing umum, anda bisa disebut memiliki otoritas tinggi. Biasanya sosok-sosok seperti ini dapat mengendalikan pikiran banyak orang, karena apa yang dikatakannya cenderung lebih dipercayai. Kalau anda sudah mencapai titik ini, berhati-hatilah agar jangan sampai orang melihat anda menyalahgunakan kepercayaan mereka, misalnya dengan mengatakan “produk A” bagus, padahal anda mengatakannya bukan karena pernah menggunakannya tetapi karena penjual produk tersebut membayar anda untuk berpromosi.

Di Reddit ada sejumlah subreddit yang khusus membicarakan orang, merk, perusahaan, dan entitas lain yang dianggap melakukan praktek seperti tersebut di atas. Jangan sampai anda termasuk salah satu yang dibicarakan dalam subreddit semacam ini.