Pinterest ini cukup unik, karena kalau kita mengenalinya cukup baik, kita akan menemukan bahwa fungsi Pinterest ada dua, sebagai portal social media sekaligus mesin pencari alias search engine. Secara alamiah keduanya memiliki kesamaan yang sangat fundamental, yaitu menyajikan konten yang paling relevan dengan apa yang dicari penggunanya.

Kalau kita mengajukan sebuah pertanyaan pada mesin pencari Google, sistem super canggih Google akan menyisir seluruh jagat maya untuk memberikan jawaban yang sangat akurat. Banyak faktor yang dipakai sistem Google untuk memastikan kualitas jawaban yang diberikannya, termasuk diantaranya perilaku pemakai yang megajukan pertanyaan yang sama sebelumnya, lokasi tempat kita berada, bahasa yang dipergunakan, bahkan berita yang paling aktual saat itu. Karena itulah Google menjadi referensi terpercaya bagi banyak orang.

Google tidak mencapai prestasi tersebut dalam sekejap, tetapi melalui evolusi, pengembangan terus-menerus tiada henti selama bertahun-tahun. Kalau anda sudah menjadi pengguna Google cukup lama, coba ingat-ingat lagi bagaimana kualitas hasil pencarian Google dulu.

Mereka yang sukses menangguk keuntungan karena berhasil mendominasi Google – memiliki ranking bagus untuk kata kunci yang relevan – umumnya bukan mereka yang baru terjun sekarang ini, tetapi mereka yang sudah selama bertahun-tahun tumbuh bersama dan mengikuti evolusi teknologi mesin pencari tersebut. Pinterest belum mencapai tingkat kecanggihan seperti yang dimiliki Google saat ini, tetapi seperti Google, Pinterest juga terus berevolusi menyempurnakan sistemnya.

Kalau anda ingin sukses dalam menerapkan strategi marketing dengan Pinterest, sudah selayaknya anda terjun dari sekarang.

Ketika berfikir memanfaatkan Pinterest untuk marketing, ingatlah bahwa mungkin memang untuk sebagian orang Smart Feed pada Pinterest merupakan pembaharuan sehingga mereka perlu membiasakan diri lagi untuk bisa menikmati aktivitasnya dalam Pinterest. Tapi akan ada lebih banyak yang mulai menggunakan Pinterest setelah Smart Feed ada. Bagi mereka Smart Feed sudah terasa sebagai bagian dari Pinterest yang mereka kenal sejak awal, bukan sesuatu yang baru. Kalau anda termasuk kelompok yang pertama, perlu anda yakini bahwa sedikit kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan teknologi baru ini akan membawa banyak manfaat di masa depan.

Seperti halnya algoritma Google, teknologi Smart Feed milik Pinterest ini akan menyingkirkan spammer dan hanya memberi tempat untuk mereka yang benar-benar menyajikan konten berkualitas. Jadi mulai sekarang anda harus benar-benar menjaga supaya Pin anda benar-benar berkualitas, hanya menyajikan hal-hal yang benar-benar bernilai. Dengan demikian Pin dan Board anda akan mendapatkan penilaian yang baik.

Beberapa hal sederhana yang harus menjadi bagian dari strategi marketing dengan Pinterest anda diantaranya adalah sebagai berikut:

Langkah Awal Strategi Marketing Dengan Pinterest

Mungkin anda melihat hal-hal berikut ini sebagai sesuatu yang sangat sederhana. Tapi masalahnya justru karena sangat sederhana sehingga akhirnya malah sering kali terlupakan. Jadi sebelum anda melangkah lebih jauh, pastikan anda sudah memahami dan melaksanakan hal-hal berikut ini dengan baik, karena meskipun sangat sederhana tetapi perannya sangat penting dan tingkat kepentingannya tidak akan pernah berubah meskipun algoritma Pinterest terus berkembang.

#1 – Verifikasi Website Anda

Ini merupakan langkah sangat sederhana tetapi justru paling banyak dilewatkan. Padahal dengan melakukan verifikasi Pinterest akan mengenali anda sebagai orang yang dikenal, bukan sekedar orang lewat sesaat. Sebagai penghargaan langsung untuk pengguna yang sudah terverifikasi, Pinterest memberi akses pada sejumlah fasilitas khusus seperti fungsi analitik.

#2 – Optimasi Pin Anda Dengan Keyword Yang Relevan

Biara keyword bukan hanya soal SEO atau search engine marketing secara umum. Sama dengan strategi konten untuk search engine, deskripsi harus mengandung keyword tetapi tetap menarik dan enak dibaca sehingga orang tetap mau meng-click dan menghasilkan traffic. Harus diingat, semakin baik reaksi pengguna Pinterest terhadap Pin anda, nilai anda sebagai Pinner terpercaya – Pinterest menggunakan istilah Pinner Quality Score – akan terdongkrak. Tidak hanya sampai disitu saja, website yang dirujuk pada Pin tersebut juga akan terangkat nilainya. Untuk yang terakhir ini Pinterest menggunakan istilah Domain Quality Score.

Tapi perlu anda ingat, saat menempatkan keyword dalam deskripsi, hindari “keyword stuffing”.

Untuk memastikan bahwa Pin yang mengarah pada website atau halaman web anda mengandung konten yang relevan, saat anda memasang icon Pin pada website atau halaman web tersebut, pastikan anda menyertakan deskripsi default yang mengandung keyword yang relevan. Dengan demikian jika ada pengunjung yang mem-Pin tanpa memberikan deskripsi, Pin tersebut sudah secara otomatis memiliki deskripsi yang mengandung keyword yang relevan.

#3 – Visual Maupun Tekstual, Konten Harus Menarik

Pertama, jangan pernah asal mem-Pin. Pastikan anda hanya mem-Pin sesuatu yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat. Kalau anda mem-Pin sesuatu dari website atau blog anda sendiri, ini artinya anda juga hanya boleh mempublikasikan sesuatu yang benar-benar berkualitas.

Jangan hanya mem-Pin saja. Sertkan konten termasuk deskripsi yang juga berkualitas. Mengandung keyword sekaligus menarik orang untuk melakukan sesuatu, meng-click, sehingga mereka akan terkonversi menjadi traffic yang berkualitas.

#4 – Gunakan Rich Pin

Ini merupakan fasilitas baru dari Pinterest dan masih banyak orang yang belum memanfaatkannya secara optimal, bahkan belum menggunakannya sama sekali. Rich Pin memungkinkan kita untuk memperkaya Pin dengan memasukkan informasi tambahan dari domain kita sendiri. Saat ini tersedia 6 jenis Rich Pin yang masing-masing menawarkan cara berbeda untuk menarik pengguna. Diantaranya ada Pin Recipe yang memungkinkan kita menyisipkan resep pada Pin, Pin Place untuk menyisipkan lokasi, dan Pin Product yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk yang di-Pin.

Hal Yang Harus Dihindari Dalam Marketing Dengan Pinterest

Seperti halnya algoritma Google, algoritma Pinterest juga terus berevolusi. Sebagai sistem yang jauh lebih muda dari Google, sering kali penyempurnaan algoritma Pinterest ini membawa perubahan yang cukup ekstrim. Sayangnya, sama seperti Google, perubahan algoritma Pinterest juga cenderung gelap, tidak ada yang benar-benar tahu formula yang sebenarnya. Logis, menghindari penyalahgunaan.

Kalau anda serius mendalami marketing dengan Pinterest, anda akan banyak mendengar spekulasi, petunjuk-petunjuk untuk melakukan sesuatu, yang mungkin pada akhirnya bukan hanya tidak menghasilkan apa-apa tapi malah bisa jadi berefek negatif.  Jadi berhati-hatilah menyikapinya. Bukan berarti harus tutup mata dan telinga sama sekali. Bisa jadi spekulasi tersebut benar, dan saat anda mengikuti petunjuknya, anda mendapatkan hasil yang baik. Sayang kalau sampai anda lewatkan kan. Biasakanlah mengamankan diri anda dengan berhati-hati, jangan mengikuti spekulasi dan petunjuk yang tidak didukung dengan data dan logika.

Contoh misalnya, suatu kali sempat merebak spekulasi yang berujung pada saran untuk menghapus Pin jika setelah sekian hari Pin tersebut sama sekali tidak mendapatkan efek viral. Padahal sering kali Pin mendapat traksi viral setelah beberapa minggu bahkan bulan. Bayangkan kalau anda mengikuti saran tersebut, kesempatan Pin anda untuk mendapat efek viral yang tertunda akan hilang. Seharusnya, alih-alih menghapus, seharusnya justru dipertahankan tetapi dengan optimasi ulang.

Menyusun Strategi Marketing Dengan Pinterest Yang Sukses

Jika anda meyakini bahwa Pinterest merupakan salah satu kanal potensial untuk memompa pesan-pesan pemasaran yang anda usung, berarti anda perlu menyusun strategi marketing yang mumpuni. Kalau anda sudah pernah menyusunnya tetapi strategi itu anda susun sebelum implementasi Smart Feed, anda harus menyempurnakannya lagi, karena sudah ada banyak perubahan mendasar pada Pinterest itu sendiri sehingga banyak bagian dari strategi lama kemungkinan besar sudah tidak relevan lagi.